Senin, 28 November 2011

Tafsiran Lagu "MARS PLH"

"Tuhan ciptakan alam nan indah. Manusia penerima amanah. Wahana karya bernilai ibadah. Ambil manfaat jangan serakah"

--> Allah SWT menciptakan alam semesta beserta isinya dengan sangat sempurna dan keindahannya tidak dapat terukur dan ditiru oleh makhluknya. Manusia ditunjuk oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah di bumi ini dan diamanahkan untuk menjaganya dari segala bentuk kerusakan. Sesuai dengan yang diamanahkan oleh Allah,kita disuruh untuk menjaga bumi dan alam semesta ini Banyak hal-hal yang bisa dilakukan dan karya-karya yang dihasilkan oleh manusia dan itu semua dinilai sebagai ibadah oleh Allah. Selagi masih dalam bentuk yang positif. Selain itu,kita dapat memanfaatkan isi dari bumi dan alam semesta ini secukupnya,tidak boleh berlebihan dan serakah karena kelak pasti berdampak buruk bagi manusia itu sendiri.

"Karya agungnya teramat luhur. Semua makhluk hidup makmur. Amal berkah tumbuh subur. Jagad raya sujud syukur"

--> Begitu banyak ciptaan yang diciptakan oleh Allah dan semuanya itu sangat menakjubkan. Semua itu pada awalnya hidup secara damai. Tumbuh-tumbuhan subur,dan semuanya mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah tersebut.

"Buma Buha Mata Buka Mata Buka Hati. Memeliahara Alam Titipan Allah" (2x)

-->Kita disuruh untuk membuka mata kita,melihat ke lingkungan kita sekarang apakah sudah pantas seperti yang diamanahkan oleh Allah. Kita juga harus mambuka hati kita,agar tergerak untuk memperbaiki lingkungan ini menjadi lebih baik,asri,dan bersih karena Allah telah mempercayai kita untuk memelihara alam ini dan tidak boleh mengecewakannya.

"Jagalah mata. Jagalah hati. Ayunkan tangan. Langkahkan kaki. Memelihara alam titipan illahi. Cermin insan khalifah fil ardhi"

-->Selain itu,kita juga harus menjaga mata dan hati kita untuk tidak tergoda oleh setan untuk menghancurkan amanah yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu,kita harus sudah melakukan langkah-langkah untuk menjalankan amanah tersebut untuk memelihara alam semesta dan isinya. Karena manusia diamanahkan oleh Allah menjadi pemimpin di bumi ini.

"Karena ulah tangan manusia. Darat dan Laut rusak binasa. Warisan anak cucu tak tersisa. Bencana alam dimana-mana"

--> Namun banyak dari manusia tidak menjalankan amanah dari Allah tersebut. Mereka malah merusaknya,baik yang ada di darat maupun di laut,semuanya kini telah rusak. Banyak pembakaran hutan,illegal logging,pukat harimau,sehingga saat sekarang sudah sulit untuk ditemukan SDA tersebut. Bgaimana dengan anak cucu kita nanti? Jika terus seperti ini keadaannya,semua akan habis dan tidak tersisa. Akibatnya,banyak bencana dan karma-karma yang Allah berikan kepada kita.

"Jiwa siswa SMA 8. Dan Pendidikan Lingkungan Hidup. Ecologycal Youth Environmental Source. Siswa peduli lingkungan hidup. Cermin insan khlafah fil ardhi. Huuuu.. Fil ardhi"

--> Sebagai siswa SMA 8 yang telah belajar tentang PLH serta mengikuti ekskul EYES,marilah kita tunjukkan pada dunia bahwa jagalah alam yang indah ini sebagai pemimpin di muka bumi.

0 Comments: